top of page
Search

DigiLabs 2020

Digital Labs 2020

Digital Labs atau yang biasa disebut dengan Digilabs adalah acara workshop yang diselenggarakan oleh SMP Labschool Jakarta yang focus pada tema teknologi digital. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “Navigating Digital Landscape”. Acara ini diselenggarakan di Zoom Meetings. Acara ini diselenggarakan pada Selasa, 29 September 2020

Kegiatan acara Digilabs kali ini ada Workshop Coding untuk kelas 7 bersama dengan Clevio Coding Camp dengan kegiatan Belajar coding sederhana dan Mengembangkan aplikasi sendiri. Untuk kelas 8, kegiatannya adalah Diskusi Kreativitas Digital dengan pemateri Deswara Aulia seorang Pakar dan Praktisi Digital serta Ninin Musa yaitu seorang Produser Film. Untuk kelas 9, kegiatannya adalah Diskusi Media Sosial dengan pemateri Faris Mufid dari TikTok Indonesia dan Helda Chandra yang merupakan seorang Praktisi Komunikasi.

Pada acara ini juga, dibahas beberapa topic menarik antara remaja dan teknologi serta bagaimana menyikapi perkembangan teknologi yang kian pesat pada era ini. Pada masa-masa seperti ini, remaja memakai berbagai teknologi yang ada seperti handphone, tablet, computer, dan berbagai macanya itu untuk hal yang bermanfaat, misalnya untuk mencari informasi tentang berbagai hal misalnya pelajaran, informasi berita terkini seperti info perkembangan penanganan COVID. Selain itu, remaja juga memakai berbagai teknologi yang ada untuk belajar jarak jauk saat pembatasan seperti ini, sehingga proses belajar mengajar tetap bisa berjalan.

Tidak mungkin di rumah aja tanpa interaksi dengan sesame teman, misalnya bermain game online bersama sehingga bisa tetap ngobrol di luar jam pelajaran, kemudian dengan interaksi di media social dengan chatting sesame teman. Interaksi sangat dibutuhkan di masa-masa seperti ini karena tanpa interaksi pasti seseorang akan jenuh yang akan berujung pada stress berkepanjangan yang tentunya berbahaya bagi kesehatan.

Sharing is caring. Walaupun terhalang jarak dan kondisi yang susah sepeti ini maka kita harus tetap berbagi terhadap sesame sehingga masih bisa looting pahala tanpa masalah. Kita bisa berbagi berbagai kreasi. Ngomong-ngomong tentang kreasi, kita masih tetap bisa berkreasi di tengah pandemic seperti ini karena mudah akses ke berbagai resource yang di butuhkan.

Walaupun banyak manfaat yang bisa di peroleh dari topic yang dibahas, buat apa bila tidak menguasainya. Remaja harus menguasai berbagai teknologi yang tersedian sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal tanpa kesusahan. Teknologi yang berkembang secara cepat pun memaksa berbagai kalangan masyarakat untuk paham teknologi. Harus karena jika masih memakai cara lama maka akan memudahkan penyebaran penyakit di pandemic seperti ini.

Akan lebih baik jika kita yang menjadi contoh atau tokoh yang bisa dicontoh dalam sisi positifnya. Lebih baik menjadi trendsetter daripada menjadi follower yang hanya mengikuti tanpa mencernanya. Menjadi contoh bisa membuat kita menemukan berbagai hal baru yang tidak ada sebelumnya. Saatnya memulai berbagai hal baru seperti karir di bidang teknologi karena jika kita hanya memakai tanpa melestarikan maka akan terbuang banyak, maksudnya jika kita pakai terus teknologi tanpa menemukan hal atau inovasi baru maka lama kelamaan akan mati juga.

Terakhir kita harus tetap berpikir kritis dengan mengesampingkan emosi sehingga hasil piker bisa rasional dan bisa di pertanggung jawabkan. Jika kita berpikir dengan mendahulukan emosi maka tetap bisa namun tidak bisa diandalkan.

Sekian dulu dari bahasan saya tentang tema dan topic acara DigiLabs kali ini. Semoga bermanfaat walau menurut saya ya gimana gitu,

Terima kasih

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


5 views0 comments

Recent Posts

See All

editus

editus

Post: Blog2_Post
bottom of page